SKRIPSI
Pemanfaatan dana Bos dalam pengembangan koleksi perpustakaan SD Cendana Minas
Penelitian ini di lakukan pada Perpustakaan SD Cendana Minas. Adapun
jenis penelitian ini adalah deskriptif. Didalam memperoleh data primer menggunakan
seluruh anggota populasi sebagai responden. Sehingga tidak ada sampel dalam
penelitian ini. Dengan kata lain penelitian ini adalah penelitian sensus.
Dalam penelitian ini Metode Pengumpulan Data yang digunakan adalah studi
keperpustakaan dan penelitian di lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data di
lakukan dengan melakukan wawancara pada bagian Tata Usaha Perpustakaan SD
Cendana Minas.
Hasil penelitian menemukan antara lain :
1. Pemanfaatan dana “bos” untuk kepentingan pengembangan koleksi di
Perpustakaan SD Cendana Minas, tidak bertentangan dengan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional R.I No. 37 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis
Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2011.
2. Pembelian buku di Perpustakaan SD Cendana Minas benar-benar untuk
kepentingan murid-murid semata.
3. Pengadaan koleksi dengan menggunakan dana “BOS” semata-mata untuk
kepentingan proses belajar dan mengajar.
4. Pengadaan koleksi dengan menggunakan dana “BOS” telah sesuai dengan
kebutuhan bahan pelajaran terbaru yang digunakan di SD Cendana Minas.
Dari hasil penelitian, sebagai saran dalam hal pemanfaatan dana bos untuk
pengadaan koleksi di SD Cendana Minas sebagaimana berikut ini : lebih
mengedepankan transparansi dengan semua pihak yang terkait, baik dewan guru,
komite sekolah dan pihak-pihak yang terkait lainnya, agar terjadi kecurigaan yang
tidak beralasan. Disarankan pula didalam pembelian buku-buku yang akan menjadi
koleksi perpustakaan, sebaiknya dilakukan pemilihan koleksi yang tepat dengan
melibatkan guru, pustakawan dan pihak lainnya.
Keyword : Dana Bos, Bantuan Operasional Sekolah, Pengadaan Koleksi dan
Manajemen Koleksi.
012/FIB/2014 | 012 JIP s | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain