SKRIPSI
Pengaruh pendidikan pemakai terhadap pemanfaatn perpustakaan UIN SUSKA Riau : study kasus mahsiswa fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Penelitian ini berjudul : Pengaruh pendidikan pemakai terhadap pemanfaatan
perpustakaan UIN SUSKA Riau ; studi kasus mahasiswa fakultas Tarbiyah dan
keguruan. Adapun subyek penelitian ini adalah : mahasiswa yang telah mengikuti
pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN SUSKA Riau. Sifat dari penelitian ini
adalah Deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah : sampel
bertujuan
Hasil koefisien pendidikan pemakai (X1) menunjukkan pengaruh Variabel
X1 yaitu metode pendidikan pemakai yang digunakan dalam program pendidikan
pemakai di UIN SUSKA Riau, memberikan kontribusi pengaruh terhadap
pemanfaatan perpustakaan sebesar 1,279 . Hasil koefisien menunjukkan pengaruh
variabel X2 yaitu waktu pelaksanaan pendidikan pemakai di UIN SUSKA Riau,
memberikan kontribusi pengaruh terhadap pemanfaatan perpustakaan sebesar 2,344.
Hasil koefisien menunjukkan pengaruh variabel X3 yaitu materi yang disampaikan
dalam program pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN SUSKA Riau memberikan
kontribusi pengaruh sebesar 0,705 terhadap pemanfaatan perpustakaan UIN SUSKA
Riau. Hasil perhitungan yang dilakukan terhadap besar pengaruh variabel X4 yakni
instruktur pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN SUSKA Riau menunjukkan
sebesar -0,373. Menurut peserta pendidikan pemakai instrukur pendidikan pemakai di
UIN SUSKA Riau tahun 2010 s/d 2011 kurang memuaskan, sehingga terlihat dari
hasil pengujian kuesioner yang memberikan pengaruh negatif didalam pemanfaatan
permustakaan.
Melalui tabel dari olahan program SPSS didapat data bahwa variabel X1.
X2, dan X3 dinyatakan signifikan, kesimpulan tersebut didasarkan data pada pada
kolom signifikan menunjukkan angka 0,000. Yang lebih kecil dari pada 0.05.
Sehingga ketiga variabel x tersebut berpengaruh signifikan. Sedangkan pada X4
tidak signifikan dengan skor 0,226 yang lebih besar dari pada 0.05 Dengan demikian
dapatlah disimpulkan bahwa pengaruh pendidikan pemakai terhadap pemanfaatan
perpustakaan adalah signifikan, sehingga Ho = ditolak dan Ha = diterima.
Sebagai saran dalam penelitian ini : Program pendidikan pemakai di UIN
SUSKA Riau sudah berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya ternyata dari
segi instruktur perlu adanya perbaikan kearah yang lebih baik. Pembenahan juga
perlu ditingkatkan dalam materi yang disampaikan dalam pendidikan pemakai, perlu
menyesuaikan dengan kondisi terkini di perpustakaan UIN SUSKA Riau.
Kata kunci :
Pendidikan pemakai, Perpustakaan perguruan tinggi,Fakultas Tarbiyah,UIN SUSKA
Riau
031/fib/2014 | 031 JIP r | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain