SKRIPSI
kepuasan pengguna terhadap layanan sirkulasi diperpustakaan pusat universitas lancag kuning pekanbaru
Penelitian ini berjudul : kepuasan pengguna terhadap layanan sirkulasi di
perpustakaan Pusat Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap layanan sirkulasi di
perpustakaan Pusat Universitas Lancang Kuning Pekanbaru dan untuk mengetahui
bagaimana layanan sirkulasi di perpustakaan tersebut. Populasi dalam penelitian
ini berjumlah 1300 orang. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini
menggunakan rumus sederhana. Selanjutnya sampel tersebut diambil dengan
menggunakan metode accident sampling yaitu siapa saja pengguna yang datang
dan kebetulan ada di perpustakaan tersebut dapat mewakili sebagai sampel
penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
deskriptif kualitatif. Dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan angket, observasi dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kepuasan pengguna terhadap sistem layanan terbuka sudah
memuaskan pengguna pada umumnya, karena dengan sistem terbuka pengguna
bebas mencari koleksi yang mereka butuhkan. Dari segi kemudahan memperoleh
informasi melalui pustakawan sebagian besar pengguna merasa puas karena
informasi yang yang diberikan cukup jelas. Sedangkan kemudahan memperoleh
informasi melalui katalog tercetak sebagian besar penguna merasa biasa saja.
Kemudian pelayanan pemberian informasi yang diberikan oleh pustakawan
sebagian besar sudah memuaskan, karena pustakawan pada layanan sirkulasi
melayani pengguna dengan sabar, melayani dengan wajah ceria, dan mau
mendengarkan keluhan dari pengguna. Kemudian layanan sirkulasi dari segi
peminjaman dan pengembalian sebagian besar pengguna sudah merasa puas.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pada saat ini perpustakaan
Pusat UNILAK Pekanbaru walaupun sudah memadai bagi pengguna, tetapi
diharapkan agar dapat lebih memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi
kepada pengguna. Untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik penulis
menyarankan kepada pihak perpustakaan, hendaknya adanya penambahan
pustakawan pada layanan sirkulasi.
Kata kunci: Kepuasan Pengguna, Layanan Sirkulasi
070 fib 2015 | 070 JIP r | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain