SKRIPSI
peran guru dalam pemanfaatan perpustakaan SD negri 59 pekanbaru
Penelitian ini berjudul “Peran Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan SD Negeri
59 Pekanbaru”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisa bagaimana peran
guru dalam pemanfaatan perpustakaan SD Negeri 59 Pekanbaru. Metode dalam
penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil
penelitian ini adalah peran guru sebagai pembimbing adalah dengan memberikan
tugas, memberi arahan dan mengajak siswa untuk memanfaatkan perpustakaan.
Peran guru sebagai pengatur lingkungan adalah dengan mengatur pola duduk,
menata ruangan perpustakaan dan menjalankan tata tertib perpustakaan untuk
menciptakan lingkungan yang nyaman dan tertib.Peran guru sebagai partisipan
adalah guru menyarankan siswa ke perpustakaan apabila siswa mengalami
kesulitan memahami materi pelajaran yang di terangkan.Peran guru sebagai
konseler adalah memanfaatkan waktu luang, mengingatkan kepada siswa untuk ke
perpustakaan, memberikan pengertian tentang peran perpustakaan, memberi saran
dan menasehati siswa untuk memanfaatkan perpustakaan.Peran guru sebagai
supervisor adalah guru mengawasi siswa dalam pemanfaatan perpustakaan karena
kalau tidak diawasi para siswa akan bermain-main di perpustakaan.Peran guru
sebagai motivator adalah dengan memberikan hadiah, menyediakan koleksi yang
di sukai murid dan mengingatkan untuk berkunjung ke perpustakaan.Peran guru
di SD Negeri 59 Pekanbaru semua peran diatas di terapkan dalam memanfaatkan
perpustakaan tetapi peran yang lebih sering digunakan oleh guru adalah peran
guru sebagai pembimbing yaitu dengan cara memberikan tugas kepada siswa yang
kemudian dikerjakan di perpustakaan, sesuai dengan hasil wawancara dengan
beberapa orang informan.
Kata Kunci:Peran guru, pemanfaatan perpustakaan, SD Negeri 59 Pekanbaru
086 fib 2015 | 086 JIP s | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain