SKRIPSI
hubungan antara pelayanan perpustakaan dengan motivasi pengunjung untuk berkunjung diperpustakaan abdurrab pekanbaru
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan pelayanan
perpustakaan dengan motivasi pengunjung untuk berkunjung ke Perpustakaan
Universitas Abdurrab Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa dari setiap jurusan di Universitas Abdurrab Pekanbaru yang
berjumlah 1602 orang mahasiswa. Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian
ini menggunakan proposional sampling yaitu menetapkan 10 % perwakilan dari
setiap jurusan yang ada di Universitas Abdurrab Pekanbaru yaitu 162 mahasiswa.
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari pelayanan perpustakaan sebagai variabel
bebas dan motivasi pengunjung sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kuantitatif, dimana pengolahan data deskriptif digunakan
untuk menetapkan tinggi rendahnya pelayanan perpustakaan dan motivasi
pengunjung untuk berkunjung ke perpustakaan Universitas Abdurab Pekanbaru.
Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi,dokumentasi,dan angket (kuesioner). Metode analisa data yang
digunakan adalah analisis statistik menggunakan rumus koefisien korelasi
sederhana dan koefisien determinan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa korelasi antara variabel X dengan varibel Y menunjukkan angka sebesar
0.529 atau 52. 9 persen. Penafsiran angka 52.9 %. Dengan angka 52. 9 persen ini
menunjukkan adanya korelasi yang sedang dan searah (positif). Ini artinya jika X
semakin baik maka Y semakin baik pula. Angka korelasi tersebut adalah
signifikan karena nilai signifikannya sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H1 = diterima
dan H0 = ditolak.
Kata kunci: Pelayanan Perpustakaan, Motivasi Pengunjung
056/FIB/2014 | 056 JIP r | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain