SKRIPSI
usaha pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan sirkulasi di perpustakaan soeman HS
Penelitian ini berjudul “Usaha Pustakawan Dalam Meningkatkan
Kualitas layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Soeman Hs”. Penelitian ini
dilakukan di Perpustakaan Soeman Hs. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana usaha pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan
sirkulasi di Perpustakaan Soeman Hs. Metode yang digunakan dalam penelitian
metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 orang
pustakawan/ staf perpustakaan dan 20 orang pengguna perpustakaan. Hasil
penelitian berdasarkan aspek kehandalan dapat disimpulkan dari 20 orang
pengguna perpustakaan, 7 orang menyatakan pustakawan dalam melayani sudah
baik, cepat dan memuaskan, selanjutnya 13 orang menyatakan belum sepenuhnya
cepat dan memuaskan. Berdasarkan aspek keresponsifan, dari 20 pengguna
perpustakaan menyatakan 5 orang pengguna menyatakan respon, dan 15 orang
pengguna menyatakan tidak semua pustakawan yang respon ternyata masih ada
pustakawan yang masih cuek. Berdasarkan aspek keyakinan dari 20 orang
pengguna perpustakaan, 9 orang pengguna menyatakan pustakawan dalam
melayani dengan pengetahuan yang dimiliki serta bersikap sopan, pustakawan
dalam melayani belum bersikap profesional, dan 11 orang menyatakan
pustakawan dalam melayani belum semuanya yang bersikap sopan serta dalam
melayani belum sepenuhnya bersikap profesional . Berdasarkan aspek empati dari
20 orang pengguna perpustakaan, 8 orang pengguna menyatakan pustakawan
peduli terhadap pengguna yang lagi kesulitan dalam mendapatkan informasi dan
12 orang mengatakan pustakawan tidak peduli dengan kesulitan pengguna karena
pustakawan masih cuek terhadap pengguna. Berdasarkan aspek berwujud semua
pengguna menyatakan pustakawan sudah sopan dan menarik dalam melayani,
sarana dan prasarana perpustakaan dari 20 orang pengguna 18 orang mengatakan
sudah layak dan mampu membuat pengguna nyaman saat berada didalam
perpustakaan dan 2 orang mengatakan suasananya kurang nyaman karena masih
berisik dengan suara pustakawan dan pengguna yang lagi bercerita.
Kata Kunci : Usaha,Pustakawan, Kualitas Layanan, Layanan Sirkulasi,
Pemustaka.
072-fib-2014 | 072 JIP d | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain