Laporan Penelitian Pratama
Peta Kondisi Perpustakaan Sekolah Dasar Di Pekanbaru
Akreditasi sekolah telah menuntut adanya sebuah sarana belajar yang lengkap, salah satunya adalah perpustakaan. Tuntutan tersebut memnuat beberapa pengelola lembaga pendidikan menyulap sebuah ruangan untuk dijadikan sebagai ruang perpustakaan. Sebagaimana hasil dari sulap menyulap, banyak sekolah yang kemudian memiliki perpustakaan yang seadanya. hal ini menarik perhatian penelitian untuk melihat bagaimana kondisi perpustakaan sekolah, terutama sekolah dasar di kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan survei melalui metode tersebut diharapkan dapat diperoleh gambaran mengenai kondisi perpustakaan sekolah dasar yang ada di kota Pekanbaru . Hasil penelitian nantinya dapat dijadikan dasar pedoman kerjasama antara Universitas Lancang Kuning, khususnya program studi Ilmu Perpustakaan dengan pengelola perpustakaan Sekolah Dasar di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek seperti tenaga perpustakaan, pendidikan tenaga perpustakaan, luas minimal dan pembagian ruangan, kelengkapan sarana, prasarana, dan jenis koleksi, pembagian jenis dan jam buka layanan, serta penerapan teknologi informasi masih belum terpenuhi oleh beberapa SD di pekanbaru. Kondisi ini memberikan peluang kerja sama antara unilak dengan SD di Pekanbaru. Oleh karena itu, Diharapkan Unilak dapat segera menangkap peluang tersebut dengan mengadakan kerja sama dalam bentuk pelatihan ataupun penyaluran lulusan dengan pengelola SD yang ada di Pekanbaru.
076/LPP/FIB/2018 | 076 LPP p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain